Tingkatkan Kesadaran Keuangan Digital, PK-203 LPDP Luncurkan Proyek Sosial QRIS di Pasar Karangwaru

- Aneka
  • Bagikan

HERALD.ID, YOGYA– Peserta Persiapan Keberangkatan Angkatan 203 (PK-203) yang menerima beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), yang dikenal sebagai Ganda Aksata, telah meluncurkan sebuah proyek sosial untuk meningkatkan transformasi digital di Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu 7 Juni 2023

Proyek ini merupakan bagian dari persiapan PK-203 LPDP untuk berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian nasional melalui sosialisasi penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pasar Karangwaru, Yogyakarta.

QRIS, sebuah metode pembayaran digital berbasis non-tunai, diluncurkan pada tahun 2019 dan memiliki potensi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital serta mengembangkan UMKM di Indonesia.

Transaksi dengan QRIS memberikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan bagi penjual dan pembeli.

Namun, salah satu tantangan dalam memperluas penggunaan QRIS adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang keuangan digital, terutama di kalangan UMKM menengah ke bawah.

Oleh karena itu, diperlukan upaya sosialisasi dan edukasi yang konsisten kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM.

Pasar Karangwaru, yang terletak di Jl. Magelang, Kelurahan Karangwaru, Kecamatan Tegalrejo, Yogyakarta, dipilih sebagai target utama proyek sosial ini dengan alasan tertentu.

Pasar ini memiliki lokasi strategis di tengah kota Yogyakarta dan menjadi tujuan favorit masyarakat lokal maupun luar kota, dengan omset per kios mencapai Rp3.000.000,- hingga Rp4.000.000,- per hari.

Ganda Aksata memilih pasar ini karena belum ada pedagang di Pasar Karangwaru yang menggunakan sistem pembayaran non-tunai QRIS dalam transaksi jual beli, bahkan hanya 50% dari mereka yang memiliki rekening bank.

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan