Sudah 693 Jemaah Haji Indonesia yang Wafat, Tertinggi dalam 7 Tahun Terakhir

- Muslim
  • Bagikan
Jumlah jemaah haji yang wafat di Arab Saudi naik drastis (Foto: Situs Haji Kemenag)

HERALD.ID, JAKARTA—Jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat terus bertambah. Pada hari ke-58, penyelenggaraan operasional haji 2023, Sistem Komputerisasi Haji (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag) mencatat sudah 693 orang jamaah yang wafat.

Angka kematian pada penyelenggaraan haji bertema Ramah Lansia tahun ini menjadi yang tertinggi dalam tujuh tahun terakhir.

Jumlah itu melampaui rekor kasus kematian pada tahun 2015 yang mencatat angka sebanyak 627 orang wafat dan pada 2017 yang mencapai 658 orang.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief mengatakan, tingginya kasus kematian jamaah ini akan dijadikan bahan evaluasi untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun berikutnya.

“Ya, itu jadi perhatian kami. Kita coba analisis sambil berjalan sebelum nanti kita lakukan kajian komprehensif di Indonesia dari klasifikasi usia jamaah yang wafat itu,” kata dia dalam keterangan dikutip dari Republika.co.id, Jumat (21/7/2023).

Menurut Hilman, jamaah haji yang wafat di Tanah Suci paling banyak berusia antara 60-70 tahun. Lalu, disusul jamaah dengan usia 70-80 tahun. Selanjutnya, berusia di bawah 60 tahun dan di posisi keempat jamaah berusia di atas 80 tahun.

“Nanti kami berdiskusi dengan teman-teman kesehatan, kita analisis pemicunya apa. Kalau penyebabnya, kita sudah tahu. Semua rata-rata yang wafat itu kena jantung kemudian ada sesak napas dan lain sebagainya. Tetapi, pemantiknya itu yang sedang kita analisis lagi karena ini memang jumlahnya cukup tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya. (ilo)

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan