HERALD.ID, HONG KONG—Ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthen melenggang ke babak final Hong Kong Open 2023. Unggulan keenam itu mengalahkan ganda Chinese Taipei peraih medali emas Olimpiade 2020, Lee Yang/Wan Chi-lin.

Pada pertandingan yang berakhir beberapa saat lalu, Leo/Daniel memulai set pertama dengan sangat baik. Mereka langsung memimpin empat angka di skor 6-2.

Namun, Lee/Wan mampu mengejar dan berbalik unggul 11-9 di interval pertama. Setelah jeda, mereka terus melejit dan menang 21-13.

Di game kedua, Leo/Daniel kembali langsung melejit dan unggul 7-2.  Mereka terus menjaga keunggulan dan memasuki interval kedua dengan skor 11-4.

Leo/Daniel terus melaju dan mengumpulkan poin setelah istirahat. Tanpa perlawanan berarti, mereka menang 21-8 di game kedua ini.

Set penentuan sekali lagi dimulai Leo/Daniel dengan sangat baik. Mereka kembali langsung unggul 7-2. Pasangan Indonesia kemudian unggul 11-6 di interval ketiga.

Jarak poin bisa diperlebar Leo/Daniel setelah jeda. Mereka unggul sembilan angka di skor 16-7.  Mereka sudah sangat nyaman dan akhirnya menang 21-13.

Sebelumnya, tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung harus mengakui unggulan pertama asal Jepang, Akane Yamaguchi.

Bertarung 1 jam lebih, Gregoria kalah dalam duel rubber game 17-21, 25-23, dan 18-21.

Indonesia punya enam wakil di semifinal hari ini. Itu artinya masih ada empat wakil Tanah Air yang bisa disaksikan aksi-aksinya. (ilo)