HERALD.ID, JAKARTA—Aktivis media sosial Tifauzia Tyassuma atau yang akrab disapa Dokter Tifa melontarkan sindiran pedas terkait Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Menurutnya, menumpangi kereta cepat ini akan terasa seperti sedang berada di Beijing, Cina. Alasannya, hanya penumpangnya yang Indonesia.

“KCCI, Kereta Cepat China yang beroperasi di Indonesia. Berasa lagi di Beijing aja nanti kalo naik kereta ini. Masinisnya China. Cabin Crews nya  China. Yang Indonesia cuma penumpangnya,” ujarnya dalam cuitan di akun X (Twitter) pribadinya, @DokterTifa Sabtu (16/9/2023) hari ini.

Dokter Tifa menegaskan, sulit untuk berpikir kalau ini adalah kereta milik Indonesia. Bahkan, ia dengan komentar lebih keras mengatakan, kalau masih berpikir ini adalah kereta milik  Indonesia, maka itu tolol

Seperti diketahui, sebanyak 852 tenaga kerja asing (TKA) asal China akan dilibatkan dalam operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Dilibatkannya ratusan TKA China merupakan kerja sama antara KCIC dengan Konsorsium PT KAI dan China Railway. Keduanya sudah ditunjuk sebagai operator untuk kegiatan Operasi and Maintenance (O&M) selama satu tahun.

Konsorsium bertugas menyediakan sekitar 852 TKA berpengalaman dan memiliki sertifikat sebagai Operator O&M. Selain itu, KCIC juga berkewajiban menyiapkan 1.096 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan mendampingi para tenaga ahli dari China.

Mereka mendapat tugas melaksanakan peralihan kemampuan untuk dapat mengoperasikan dan melakukan perawatan sarana Kereta Cepat secara bertahap. (ilo)