HERALD.ID, PINRANG – Senin, 11 September 2023, tim dari Bareskrim Polri menggeledah sebuah rumah di Tasokkoe, Kelurahan Salo, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang.

Rumah itu diduga milik bandar narkoba La Saru alias Nasrul Nasir. Dia anak buah gembong narkoba internasional, Fredy Pratama yang saat ini masih buron.

Saat penggeledahan, La Saru tak ada di rumah. Hanya ada kerabatnya. Diduga, pengintaian yang dilakukan tim dari Bareskrim Polri selama dua hari, Minggu, 10 September 2023 dan Senin, 11 September 2023, sudah bocor.

Tim dari Bareskrim hanya menyita dua mobil jenis Fortuner hitam dan Hilux putih. Serta tiga sepeda motor.

Penggeledahan disaksikan Kepala Desa Salo, Darwin. Juga diback up dari Satres Narkoba Polres Pinrang.

Sampai saat ini La Saru masih buron. Polisi hanya berhasil menangkap istrinya yang selama ini berdomisili di Malaysia, Nur Utami.

Nur Utami adalah seorang selebgram. Dari postingan instagram pribadinya, Nur Utami kerap memamerkan kehidupan mewahnya. Sebuah video memperlihatkan dia menyetir mobil sport merah, sembari memperlihatkan produk kecantikan yang dia pasarkan.

Juga dia kerap memperlihatkan di atas mobil Alphard hitam. Di lain video dia mengunggah sebuah restoran berbau Bugis-Makassar di Kinabalu, Malaysia.

Wadirtipid Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Jayadi membenarkan penangkapan Nur Utami. Menurut Kombes Jayadi, Nur Utami sudah ditetapkan tersangka dan ditahan di tahanan Bareskrim Polri.

“NU sudah ditetapkan sebagai tersangka TPPU dan telah dilakukan penahanan di rutan Bareskrim,” ujar Kombes Jayadi.

Peran Nur Utami kata Kombes Jayadi, yakni, menampung hasil penjualan narkoba yang kemudian dibelanjakan dalam bentuk kendaraan dan barang-barang bermerek, serta pembelian aset berupa tanah dan bangunan.

“NU merupakan istri dari S yang saat ini masih dalam pencarian penyidik,” ungkap Kombes Jayadi.

Dia menambahkan, La Saru secara langsung berperan sebagai pengendali wilayah Sulsel bersama WW yang sudah ditangkap dan ditahan sebelumnya.

Sebelumnya, diberitakan, Bareskrim Polri menggeledah salah satu rumah pribadi terduga bandar narkoba yang merupakan jaringan Fredy Pratama di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Penggeledahan rumah terduga bandar narkoba Nasrul Nasir alias Saru itu, dilakukan pada Senin, 11 September 2023.

Berlokasi di Tasokkoe, Kelurahan Salo, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, penggeledahan disaksikan Kepala Desa Tasokkoe, Darwin.

Kasat Narkoba Polres Pinrang AKP Eka Bayu membenarkan adanya penggeledahan rumah yang dilakukan tim Bareskrim Polri.

“Iya, ada penggeledahan rumah yang dilakukan tim Mabes Polri pada hari Senin. Disaksikan oleh lurah setempat,” kata AKP Eka Bayu, Jumat, 15 September 2023 lalu.

Eka mengaku tidak tahu persis pemilik dari rumah yang digeledah tersebut.

“Kami kurang tahu siapa pemilik sah dari rumah tersebut,” ujarnya.

Dia menuturkan, saat Bareskrim Polri melakukan penggeledahan, rumah tersebut kosong.

“Dalam keadaan kosong. Hanya ada pihak dari keluarga pemilik rumah waktu itu,” sebutnya.

AKP Eka Bayu mengaku tidak bisa mengungkapkan secara detail, pasalnya pihaknya hanya membackup Bareskrim Polri saat itu.

Dia juga mengatakan tidak mengetahui pasti siapa warga Pinrang yang ditangkap tersebut.

Pasalnya pihaknya hanya membackup Mabes Polri saat itu.

“Kami hanya membackup pada saat Mabes Polri melaksanakan kegiatan di wilayah tersebut. Untuk tersangka ataupun namanya kami tidak tahu. Karena kami hanya di ring luar membantu menjaga pelaksanaan giat tersebut,” ujarnya.

Proses membackup Mabes Polri dilakukan selama dua hari.

“Kami membackup Mabes Polri itu selama dua hari. Yakni Minggu dan Senin,” ujarnya.

AKP Eka mengaku pada saat proses pembackupan Mabes Polri itu ada beberapa warga yang sempat diamankan.

“Iya, ada masyarakat sekitar yang diamankan di lokasi tersebut. Namun, setelah di dalami mereka tidak terlibat,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Salo, Darwin membeberkan jika dia mendampingi tim Bareskrim Polri saat penggeledahan di salah satu rumah yang diduga merupakan bandar narkoba di Pinrang berinisal NN alias SR.

“Geledah rumah NN alias SR itu dilakukan hari Senin. Saya dampingi tim Bareskrim Polri untuk geledah rumah kediaman pribadi NN yang berada di Tasokkoe,” ujarnya.

Namun, Darwin tidak tahu jelas apakah dari penggeledahan rumah tersebut ada orang dan barang bukti yang diamankan.

“Kurang tahu juga, karena saya cuma mendampingi saja,” ujarnya.

Dia menyebutkan, saat tim Bareskrim Polri turun ke Kelurahan Salo, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, ada beberapa warga yang diamankan pada Minggu, 10 September 2023, sekitar pukul 09.30 Wita.

Dari informasi yang dihimpun, warga sekitar diamankan itu berada di Kampung Dara yang ada di daerah Tasokkoe. 

Diduga anak buah dari terduga pelaku bandar narkoba inisial NN alias SR warga Pinrang itu sering berkumpul di daerah tersebut. Sehingga dilakukan penangkapan di situ.

“Iya betul, ada penangkapan dilakukan Tim Mabes Polri. Kejadiannya pada Minggu pagi. Awalnya, ada sekitar 13 orang yang diamankan. Namun, dari informasi yang saya dapat, sudah dilepas karena diduga tidak terlibat (peredaran narkoba),” imbuhnya.

Informasi yang diperoleh Herald Sulsel, selain berbisnis narkoba, Saru juga dikenal memiliki bisnis solar di Pinrang. (bs/asw)