Waspada! Tujuh Penyakit yang Mudah Menular di Sekolah

- Kesehatan
  • Bagikan
Ilustrasi anak sekolah.

HERALD.ID – Sudah tak heran memang jika sekolah menjadi salah satu sumber penularan penyakit infeksi pada anak. Bagaimana tidak, di sekolah, anak-anak saling berhubungan dekat.

Mereka bermain bersama atau sekadar saling berbagi perlengkapan dan peralatan sekolah. Inilah mengapa menjaga kesehatan tubuh anak sangat penting agar terhindar dari penularan berbagai penyakit infeksi.

Agar Anda tetap waspada, berikut adalah daftar penyakit pada anak yang paling mudah menular di sekolah.

  1. Infeksi saluran pernapasan

Infeksi saluran pernapasan pada anak bisa terjadi akibat paparan virus atau bakteri. Namun, infeksi akibat virus, seperti influenza, lebih sering dialami anak-anak.

Biasanya, penyakit ini ditandai dengan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan demam pada anak.

Flu mudah sekali ditularkan melalui udara. Seperti contohnya, saat anak yang flu bersin atau batuk, tetesan (droplet) yang keluar dari mulutnya dapat terhirup oleh anak lain sehingga menularkan virus.

  1. Cacar air

Hampir setiap anak pernah mengalami penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella zoster ini. Penyakit cacar air cukup sering terjadi di sekolah dan dapat bertahan dari 5—10 hari.

Melansir Hellosehat, jika satu orang terkena cacar air, hampir pasti akan menular ke teman-teman di sekitarnya. Apalagi jika ia belum pernah terkena cacar air atau belum mendapatkan vaksinnya.

Ketika terkena cacar air, biasanya anak akan mengalami demam, sakit kepala, dan hilang nafsu makan, kemudian timbul ruam atau lenting berisi air yang sering terasa gatal.

  1. Diare

Diare merupakan gejala umum yang disebabkan oleh banyak hal. Sebagai contoh intoleransi makanan (misal laktosa), alergi makanan, infeksi bakteri atau virus, hingga karena penyakit pada usus.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan