HERALD.ID – Empat anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Sabtu (30/9/2023).

Kasatgas Damai Cartenz, Kombes Pol Faizal Rahmadhani mengatakan bahwa mereka tewas akibat kontak senjata dengan Tim gabungan TNI-Polri di wilayah tersebut.

Dia menjelaskan, baku tembak yang terjadi Sabtu (30/9/2023) dini hari itu terjadi di sekitar kawasan Oksibil.

Anggota KKB yang tewas diduga merupakan para pelaku berbagai aksi kekerasan bersenjata yang terjadi di Distrik Oksibil dan Distrik Serambakon Senin (18/9) dan Selasa (19/9).

“Ya benar, kami telah berhasil melumpuhkan empat anggota KKB yang berada di Kabupaten Pegunungan Bintang serta mengamankan dua pucuk senjata api. Selain itu juga diamankan dua senjata api laras panjang,” kata Faizal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/9/2023).

Dia mengakui, hingga kini belum dapat teridentifikasi identitas keempat anggota KKB.

“Proses evakuasi sedang dilakukan karena anggota di lapangan masih sedang melakukan pembersihan,” ujar Faizal melansir Inilah.

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Dafi Bastoni, menambahkan penegakan hukum yang dilakukan di Pegunungan Bintang melibatkan berbagai pasukan TNI-Polri antara lain dari Satgas Gakkum yaitu Tim Delta, Brimob Resimen III, Kopasus yaitu Satgas Nanggala, Brimob Sulawesi Utara, Satgas Pamtas Yonif 310/KK yaitu Satgas dan Polres Pegunungan Bintang.

“Keberhasilan ini merupakan hasil kerja sama antara TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz maupun Satgas Pamtas bertugas di Pegubin,” katanya. (*)