Mahfud MD Kembali Tegaskan, Tidak Akan Melakukan Kampanye Elektoral di Lingkungan Kampus

- Nasional
  • Bagikan
Mahfud MD

HERALD.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sekaligus Cawapres dari Ganjar Pranowo, Mahfud Md, menekankan bahwa dirinya tidak akan kampanye elektoral di ketika mengisi kuliah umum di Universitas Andalas.

Hal itu diungkapkan oleh Mahfud ketika dirinya menjadi pembicara dalam sebuah kegiatan kuliah umum di Universitas Andalas, Sumatera Barat. Dalam kesempatan itu ia menekankan bahwa kuliah umum tersebut merupakan bagian dari kegiatan rutin dan bukan merupakan forum untuk politik praktis.

“Saya ingin klarifikasi, kuliah umum saya disini adalah kuliah umum reguler dan rutin, bukan kuliah politik praktis,” kata Mahfud Md di Unand, Padang, hari Kamis 16 November 2023.

Cawapres dari Ganjar Pranowo juga menegaskan bahwa kehadiran dalam kuliah umum tersebut bukan bagian dari kampanye elektoral untuk menghadapi Pemilihan Umum 2024. Ia menekankan bahwa tidak ada kegiatan kampanye pemilu yang terjadi selama kuliah umum tersebut.

“Di sini tidak ada kampanye untuk pemilu,” tandasnya.

Sebagai Calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo, Mahfud menjelaskan bahwa materi kuliah umum tentang kepemiluan sangat penting untuk disampaikan kepada masyarakat, khususnya kalangan mahasiswa.

Baginya, hal ini lebih memiliki signifikansi penting dalam mewujudkan pemilu yang demokratis dan bermartabat daripada kampanye elektoral.

Dalam penyampaian materi di hadapan civitas akademika Unand, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini juga memberikan contoh tokoh-tokoh besar asal Ranah Minang yang berjasa dalam berdirinya Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Wakil Presiden pertama RI Mohammad Hatta, Syafruddin Prawiranegara, Sutan Syahrir, Tan Malaka, dan Mohammad Yamin.

Mahfud MD Menghindari Kampanye Elektoral di Kampus-Kampus?

Sebelumnya Menkopolhukan Mahfud MD juga pernah menyampaikan bahwa dirinya tidak akan melakukan kampanye elektoral. Pernyataan tersebut ia sampaikan saat berpartisipasi dalam peringatan hari lahir ke-16 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (NU) di Pondok Pesantren KHAS Kempek, Cirebon, Jawa Barat, pada tanggal 12 November 2023.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan