HERALD.ID — Presiden Jokowi mengungkap respons Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden terkait Palestina. Biden tak menggubris desakan Jokowi.

Presiden Joko Widodo membenarkan situasi dalam video yang beredar. Saat itu, Presiden Jokowi membaca harapan Indonesia kepada Biden melalui telepon selulernya.

Jokowi membacakan sejumlah pernyataan dalam bahasa Inggris. Biden tampak menyimak. Ternyata, dia tidak menanggapi desakan Jokowi. Justru mengalihkan pembicaraan.

Menurut Presiden, pertemuan yang berlangsung di Gedung Putih, Washington DC dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC San Francisco tersebut membahas konflik di Gaza.

“Saya menyampaikan secara langsung pentingnya kekejaman di Gaza dihentikan, yang kedua gencatan senjata segera dilakukan, dan yang ketiga perang segera distop, serta yang keempat bantuan kemanusiaan harus dipermudah untuk bisa masuk ke Gaza,” ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Senin, 20 November 2023.

Meski demikian, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Presiden Biden tidak menanggapi sejumlah desakan yang disampaikan Indonesia. Namun, Presiden Jokowi menilai bahwa desakan tersebut akan dijadikan masukan oleh Presiden Biden.

“Saya kira dari apa yang kami sampaikan saya pastikan dicatat, menjadi catatan,” ucap Presiden.

Presiden juga mengatakan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama beberapa menteri luar negeri Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) akan mengunjungi sejumlah negara untuk membahas konflik Gaza. Selain itu, para menteri luar negeri juga akan menyampaikan hasil pertemuan KTT Luar Biasa OKI di Arab Saudi.

“Kita memang menjadi salah satu utusan dari OKI untuk menyampaikan hasil-hasil yang kita bicarakan di Saudi Arabia,” tutur Presiden. (*)