Gibran Bikin Heboh Gara-gara Asam Sulfat untuk Ibu Hamil, Netizen yang Kerja di Bengkel Bingung karena Itu untuk Aki

- Politik
  • Bagikan
Gibran Rakabuming Raka

HERALD.ID, JAKARTA—Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka kembali membuat heboh jagad maya. Itu setelah ia menyebut asam sulfat untuk ibu hamil.

Dalam video yang beredar luas di X, putra Presiden Joko Widodo itu menyampaikan hal ini saat mengisi acara diskusi ekonomi kreatif pada Minggu (3/12/2023) di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Dalam diskusi terbuka bersama pelaku usaha ekonomi kreatif dan influencer itu, Gibran awalnya mengkampanyekan programnya, Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk ibu dan anak.

“Ketika hamil harus dicek dia misalnya asam sulfat, yodiumnya terpenuhi enggak, ketika anaknya lahir sampai 2 tahun ASI-nya terpenuhi gak, berat badannya tinggi badannya oke gak,” kata Gibran dikutip dari video yang beredar luas di X, Senin (4/12/2023).

Kemungkinan yang dimaksud Gibran adalah asam folat. Asam folat atau yang disebut juga dengan folic acid merupakan vitamin B9 yang larut dalam air. Vitamin ini sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh, khususnya untuk memproduksi dan mempertahankan sel.

Dikutip dari Alodokter, bagi ibu hamil asam folat berguna untuk mendukung pembentukan sistem organ pada janin, sehingga bisa berkembang dengan baik di dalam kandungan.

Sedangkan asam sulfat merupakan asam mineral (anorganik) yang kuat. Zat ini dikenal juga dengan rumus kimia H2SO4. Asam sulfat sangat reaktif dan mampu melarutkan berbagai logam.

Asam sulfat mempunyai banyak kegunaan dan merupakan salah satu produk utama industri kimia. Asam sulfat sering dipakai dalam pembuatan aki, baterai. pupuk, pulp, dan kertas.

Penyampaian Gibran membuat netizen jadi bingung. “Waduh gimana cara jawabnya. Bisa-bisa asam sulfat ga bisa dipake lagi buat batere ni,” kata pengguna X dengan akun bernama @tuan_karim.

Pengguna X dengan akun @Karnivan10 yang mengaku orang bengkel mengatakan, kalau asam sulfat dikonsumsi ibu hamil, itu akan sangat berbahaya,

“Saya orang bengkel. Kalau asam sulfat h2so4  buat bikin air accu Zur . Nah ini buat ibu hamil. Mokad dong. Kena tangan juga gatel panas,” komennya dalam video yang dibagikan @BangPino__.

Warganet lainnya menanggapi kesalahan Gibran dengan bercanda. “Air Susu Dibalas Asam Sulfat,” tulis @ebbe1802. (ilo)

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan