HERALD.ID — Setelah meluncurkan laporan “Adopsi Penggunaan Artificial Intelligence di Asia Tenggara” pada Jumat, 1 November, Lazada memperkenalkan AI Lazzie, fitur baru berbasis Generative AI (GenAI).

AI Lazzie adalah layanan interaktif yang dihadirkan untuk menjadi asisten belanja personal dengan dukungan 24/7.

AI Lazzie menawarkan empat fitur utama yang diklaim mampu meningkatkan pengalaman transaksi bagi pelanggan dan penjual. Fitur-fitur tersebut meliputi:

Pesan+: Alat perpesanan yang dipersonalisasi dalam aplikasi Lazada, memungkinkan respons kontekstual, rekomendasi belanja yang lebih personal, akses ke voucher tersembunyi dan kode promo, serta penawaran paket belanja spesial.

Model Try-On: Fitur belanja yang memungkinkan pengguna memilih model virtual untuk membantu dalam menemukan ukuran dan bentuk pakaian yang sesuai. Teknologi ini juga mampu merekomendasikan ukuran pakaian berdasarkan model AI.

Deskripsi Produk Berbasis AI: Deskripsi produk yang dibuat sepenuhnya oleh AI di halaman informasi produk, menyoroti keunggulan utama produk yang sesuai dengan preferensi pengguna.

Ulasan Cerdas Berbasis AI: Fitur yang merangkum ulasan produk secara otomatis, memberikan informasi singkat dari ulasan pelanggan lain, memudahkan pembeli dalam membuat keputusan belanja.

AI Lazzie didukung oleh teknologi ChatGPT dari OpenAI, yang memberikan saran dan rekomendasi produk secara personal dengan mempertimbangkan preferensi pengguna, riwayat pembelian, dan konteks pertanyaan. Dengan ini, Lazada berupaya meningkatkan pengalaman belanja online menjadi lebih optimal dan relevan.

“AI kini menjadi bagian integral dalam dunia eCommerce, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan pengalaman pelanggan yang lebih personal dalam skala besar,” ungkap Howard Wang, Chief Technology Officer, Lazada Group.