HERALD.ID, JAKARTA — Tokyo Auto Salon 2025 menjadi ajang unjuk gigi berbagai mobil modifikasi, termasuk Mazda MX-5 yang mendapat sentuhan lebih agresif. Dikenal sebagai Mazda Roadster di Jepang dan Mazda E MX-5 di Indonesia, mobil ini tampil dalam dua versi: reguler dan 12R.
Mazda MX-5 12R merupakan model edisi terbatas yang hanya diproduksi 200 unit di Jepang.
Terinspirasi dari mobil balap Super Taikyu, versi ini dibekali mesin 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga 200 dk.
Performa semakin optimal berkat penggunaan rem Brembo dan jok bucket dari Recaro, yang memberikan kesan lebih sporty dan fungsional.
Selain MX-5, Mazda juga membawa CX-60 yang dikonsep sebagai mobil balap rally. Modifikasinya tidak terlalu ekstrem, hanya ada beberapa perubahan pada interior, eksterior, serta penambahan roll bar.
Mazda CX-5 dan Mazda 3 juga turut dipamerkan dengan tampilan yang lebih sporty meskipun modifikasinya lebih minimalis.
Mazda Roadster versi Liberty Walk juga mencuri perhatian dengan body kit yang lebih agresif. Tampilan yang lebih lebar dengan aerokit khas membuatnya terlihat semakin menonjol di antara deretan mobil lainnya.
Modifikasi yang Makin Sangar
Salah satu elemen yang membuat Mazda MX-5 tampil lebih berani di Tokyo Auto Salon 2025 adalah body kit baru dengan desain lebih lebar dan menjorok ke depan.
Mobil ini menggunakan pelek 17 inci yang dipadukan dengan ban Advan Neova 215/40 R17.

Sektor pencahayaan juga mendapat perhatian khusus. Lampu sein didesain agar tidak mudah patah, menambah kesan unik dan agresif di bagian depan maupun belakang.
Meskipun ubahan lebih banyak terjadi di eksterior, bagian interior tetap mempertahankan tampilan standar pabrikan.
Bagian belakang tampil lebih masif dengan penggunaan empat muffler dari Amatrix. Suspensi pun telah dimodifikasi untuk menurunkan ground clearance, semakin mempertegas karakter sporty pada mobil ini.